Umum

10 Langkah Ini Akan Meningkatkan Percaya Diri Anda

Anda pernah merasakan ketakutan yang luar biasa ketika diminta berbicara didepan orang banyak? molai dari bibir dan tenggorokan mengering tanpa sebab? tangan anda dan tubuh anda mengeluarkan keringat walau pun anda berada di ruangan ber-AC, bahkan mungkin anda kehilangan seluruh materi dalam pikiran anda yang anda persiapkan sejak lama? Bahkan ada juga yang harus keluar masuk kamar mandi untuk berolang kali buang air kecil? Ya… Akui, itu adalah kabar buruk buat anda. Dan kabar baiknya adalah anda tidak seorang diri yang mengalami hal demikian, saya juga, dan juga hal itu semua dapat di hilangkan. Nah… Artikel 10 langkah ini akan membuat anda lebih percaya diri dan mengurangi rasa takut itu, ingat rasa takut itu bisa diubah menjadi kekuatan jika anda tahu mengelolanya lho.

  1. Percaya pada diri sendiri

“Reagen…., Semua juga tahu…., But How…??“, kebanyakan orang langsung membantah saya pada saat pertama sekali saya berikan informasi ini, bagaimana tidak, itu yang diharapkan dapat di miliki, pertanyaannya adalah HOW?. Dan Jawabannya adalah….. eng ing eng…. SUGESTI. Benar, anda tidak salah baca… SUGESTI adalah salah satu cara yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan percara diri anda. Yang harus anda lakukan hanyalah mengatakan pada diri sendiri setiap saat baru bangun pagi dan 30 menit sebelum tidur. Terus… bilang apa? apa pun yang membuat nilai tambah di diri Anda seperti “Aku hebat…, aku luar biasa…, aku mampu…., aku berkharisma….,” dan aku-aku yang lain yang anda butuhkan untuk percaya diri. Tapi tidak hanya itu, pada saat hari dimana anda akan berbicara didepan orang banyak bahasa tubuh anda akan membantu meningkatkan percaya diri anda.

  1. Berbagi kisah nyata yang akan mengubah kehidupan orang lain

Anda berbicara tentu karena anda ingin berbagi. Jangan bermain aman, dengan tidak mengikutsertakan pendengar anda. Ceritakan kisah pribadi dan kisah anda sebagai seorang profesioanl, dan biarkan audience anda mengambil makna cerita anda dengan membawa polang strategi-strategi baru dalam benak mereka untuk menyelesaikan permasalahan mereka. Molailah mengambil resiko terhadap isi pidato anda di depan pendengar yang tampak tidak menakutkan.

  1. Rencanakan dan lakukan persiapan awal yang baik

Sehebat apapun seorang pembicara publik, mereka mempersiapkan materi mereka sebelu mereka tampil berbicara. Menurut pandangan saya, jangan pernah menerima permintaan sebagai pembicara atau keynote speaker tanpa ada punya waktu mempersiapkan materi anda. Dan ini bukan hanya tentang materi anda, tetapi juga tentang siapa Anda di depan audience anda. Pepatah lama mengatakan Molut mu Harimau mu, jika anda tidak mempersiapkan materi anda dengan baik, maka audience anda dapat merasakannya.

Sir Winston Leonard Spencer Churchill adalah tokoh politik dan pengarang dari Inggris yang paling dikenal sebagai Perdana Menteri Britania Raya sewaktu Perang Dunia Kedua, mengatakan bahwa untuk mempersiapkan pidato selama empat poluh menit, rata-rata orang menghabiskan waktu enam hingga delapan jam. So be prepared…

  1. Mengenali pesan pesan utama anda

Anda akan menyampaikan poin poin penting kepada pendengar Anda. Ingatlah itu, dan hapalkan. Kemudian gunakan cerita dan kisah yang akan membuat audience memahami apa yang anda maksudkan. Anda adalah sang pakar, buatlah sesederhana mungkin dan ringkas.

  1. Berlatihlah di depan kolega atau teman yang anda hormati

Sangat sederhan, tanpa latihan maka public speaking anda tidak akan maksimal, dan anda tidak akan menemukan masalah masalah yang tidak bisa di duga sebelum hari penting itu.

  1. Cari dan terimalah kesempatan untuk berlatih

Jangan menunggu waktu public speaking yang penting, namun anda bisa berlatih sebanyak mungkin. menemukan kursus atau bahkan workshop akan sangat membantu anda.

  1. Berpengetahuan luas tentang peristiwa-peristiwa yang terjadi

Anda dinilii dari apa yang anda sampaikan, ketika anda berbagi tentang ilmu pengetahuan dan korelasi yang jelas dengan apa yang terjadi saat ini, membuat orang memposisikan anda sebagai seorang pembicara yang “up to date”.

  1. Mencari penasehat

Anda butuh seseorang yang akan membantu anda untuk membantu anda, temukan dan belajarlah padanya.

  1. Berpura-pura hingga anda memperolehnya

Ini mungkin bisa jadi solusi bagi anda pada awalnya, jika anda seorang yang tidak percaya diri dan minder, berpura-puralah menjadi seorang yang percaya diri dan memukau. Hingga pada akhirnya tanpa anda sadari bahwa anda sudah menjadi percaya diri.

  1. Menonton pembicara pembicara terkenal

Banyak sekali kanal yang dapat anda gunakan untuk menonton begitu banyaknya pembicara terkenal. Youtube.com adalah salah satunya. subscribe semua pembicara terkenal yang sesuai dengan karakter anda, dan ambil inspirasi sebanyak-banyaknya dari mereka.

Pepatah mengatakan bahwa bukan karena terus menerus berlatih menciptakan kesempurnaan, melainkan karena latihan sempurna yang akan menciptakan prestasi sempurna. Be Transformed…

About Reagen Saragih

Reagen Saragih adalah Associate Trainer Of Motivator Academy dan Public Speaking Academy milik Ongky Hojanto. Disamping menggeluti dunia public speaking juga sebagai Pakar Hipnoterapi Medan dan Talent Mapping Practitioner untuk membantu anda menemukan bakat terpendam anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *